Wednesday, May 27, 2015

Making Homemade Vanilla Extract

click here for the english version of this post ;)

Gw hampir selalu pake vanilla ekstrak buat bikin kue, buat gw ini bahan yang penting banget dan membuat segalanya jadi lebih enak. Tapi sayangnya ini agak susah nyarinya, bahkan di toko bahan kue (TBK) yang gw sering pergi dia kadang ada kadang gak ada (seringan sih gak ada -.-), dan di indo emang lebih banyak dijualnya vanilli dan vanilla essence (perisa vanilla), yang katanya sih dibuatnya gak dari vanilla bean alias imitasi gitu. Dan kalo ada juga harganya mahal karna barang impor. Jadi gw memutuskan buat coba bikin sendiri, sapa tau berhasil jadi gw gak perlu susah2 cari lagi dan harganya pun lebih murah ;)

Gw beli vanilla beansnya dari 3 seller (1 TBK & 2 online shop) yang berbeda, tapi semuanya itu vanilla beans lokal Indonesia. Gw pengen ngebandingin dari tiga itu mana yang paling bagus, dan mana yang bikin vanilla ekstrak paling bagus. Dan mudah2an sih salah satunya kualitasnya mirip sama vanilla ekstrak yang beli di toko hehe...
Gw sebenernya juga penasaran banget sama Madagascar Bourbon vanilla beans, tapi gak ketemu di online shop lokal. Mungkin gw mesti cari di online shop luar yang bisa kirim ke indo, tapi takutnya bayar ongkir sama pajaknya mahal.
Yang sebelah kiri (#1) gak di-pack pake vacuum bag (plastik kedap udara), 58 gram, harganya sekitar Rp 60.000. Yang sebelah kanan (#2) di-pack pake vaccum bag, kualitas gourmet, 50 gram, harganya Rp 100.000 (termasuk ongkir).

Kalo yang ini (#3) juga gak di-pack pake vacuum bag, isinya 10 batang (sekitar 30 gram), harganya Rp 68.000. Kualitasnya diantara vanilla bean #1 dan #2.


Kali ini gw bakal pake vanilla bean #1 dan #2 buat bikin vanilla ekstraknya dan liat seberapa beda hasilnya.

#1 Vanilla bean-nya kering & ukurannya bermacem2. Yang panjang sekitar 19 cm, yang pendek sekitar 13 cm.




#2 Kualitasnya paling bagus diantara 3 macem vanilla bean yang gw beli. Rata2 panjangnya 20 cm, yang melebihi ekspektasi gw, karna yang jual bilangnya ukurannya sekitar 14-17 cm. Lebih plump (gak kering) dan warnanya lebih coklat.


Kalo lo tertarik buat beli vanilla bean yang ini, gw kasi linknya di bagian bawah post ini ;)


Gw gak nemu botol yang pake tight fitting lid, jadi gw pake mason jar (beli di ace hardware). Toples yang paling kecil bakal gw pake buat bikin vanilla bean paste, yang dua lainnya buat bikin vanilla ekstrak. (Btw, abis gw bikin vanilla ekstrak ini minggu depannya gw nemu botolnya di Informa *gubrakk*)



Bahan:
1 cup (250 ml) vodka (atau bourbon / rum / brandy)
7 vanilla beans
1 botol/toples kaca (kalo bisa yang dgn tight fitting lid)


(buat versi yang gak pake alkohol, bisa coba diganti dengan vegetable glycerin (gliserin sayuran). tapi gw belom pernah coba jadi gak tau hasilnya bakal kayak gimana ^^)



Gw pake 1 cup (250 ml) vodka buat yang gourmet quality vanilla beans (#2), 150 ml buat vanilla beans yang satunya lagi (#1).


1. Cuci bersih botol/toples kaca dan smua peralatan dapur (pisau, talenan) yang bakal digunain dengan sabun. Biar lebih bersih lagi, gw bilas lagi dengan air minum panas. Keringkan di atas lap bersih/paper towel.



2. Iris vanilla beans melintang agar bagian dalemnya bisa terekspos alkohol, masukin ke botol/toplesnya. Kalo pake toples kayak gw,  vanilla beans-nya dipotong sesuai dengan tinggi toplesnya.




kalo gw vanilla beansnya dipotong dua 



3. Ukur 1 cup (250 ml) vodka, tuangkan ke botol/toples yang berisi vanilla beans. Pastikan seluruh vanilla beans-nya terendam. 
Karna gw males ambil & nyuci measuring cup gw, jadi gw pake toples yang satunya lagi yang ada ukuran volumenya buat ngukur vodkanya. 

jadi pertama gw ukut 150 ml, trus gw tuang ke toples yang 
berisi vanilla beans, trus gw ukur lagi 100 ml (jadi total 250ml)


gw pake lebih dari 1 cup vodka (sekitar 280 ml) 
biar vanilla beansnya bisa kerendem semua


3. Kocok botol/toplesnya 1 atau 2 kali seminggu. Tunggu selama 8 minggu untuk jadi vanilla ekstrak ;)
Simpan di suhu ruangan dan jauh dari sinar matahari langsung (misalnya di lemari dapur).


Dan gw bikin lagi pake vanilla bean #1, caranya sama aja, tapi kali ini vanilla beansnya gw potong 3 biar muat di toplesnya.







Karna lemari dapur gw penuh dan brantakan, akhirnya gw taroh toples2 ini di sudut ruangan di belakang frame foto hehe... Gw bungkus lagi pake aluminium foil biar lebih terlindungi dari cahaya.



unedited

edited
btw gw salah nulis tanggalnya, harusnya 19.05.15 -.-
unedited
edited




I'll update once a week with the photos of these vanilla jars ;)


[UPDATED]
DAY 8


DAY 1 vs DAY 8


DAY 16


DAY 22


DAY 30


 
 
[FINALLY UPDATED!]
Taste test with my 5-month-old homemade vanilla extract!
Homemade Vanilla Extract - The Taste Test 




 


 Referensi:
Beanilla.com - Homemade Vanilla Extract
Beanilla.com - How to Store Vanilla Beans
Food and Tools.com - Making vanilla extract, vanilla sugar, vanilla bean paste and vanilla salt

Gw beli vanilla beans-nya di:
Organic Indonesian Vanilla
Recommended seller, fast respond & really good quality

4 comments:

  1. Sayangnya blog yg dimaksud ga bisa dibuka.. padahal lagi nyari vanilla pod nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry for late reply ^^ waduh iya nih udah ditutup kyknya sama yg punya :(

      Delete